SMK Negeri 1 Abang Berkomitmen dalam Program SPMI

Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) di  seluruh Indonesia menggulirkan satu program bagi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Program ini dilaksanakan dengan memilih beberapa sekolah tingkat SD, SMP  dan SMA atau SMK  di seluruh Indonesia untuk menjadi sekolah model bagi pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal (SPMI). Hal inilah yg membuat SMK Negeri 1 Abang  melaksanakan program SPMI ini.  Sistem ini berfungsi untuk mengatur dan mengelola agar semua hal yang berkaitan dengan proses pendidikn di sekolah berjalan sesuai dengan prosedur yg berlaku. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di sekolah harus dilakukan oleh seluruh anggota sekolah yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan staf sekolah sesuai tugasnya masing-masing. Karena pentingnya peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah (school based quality improvement), penerapan sistem penjamin mutu internal dan eksternal, serta masih rendahnya capaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) juga melatarbelakangi hal ini.

Di SMK Negeri 1 Abang dalam pelaksanaan SPMI ini baru memasuki pendampingan tahap 1 dari LPMP provinsi dan sekarang tengah membuat analisis rapor mutu dan menyusun SOP untuk ke 8 standar. Dalam program SPMI ini terdapat tim yang terlibat berjumlah sekitar 32 orang yang sudah ditunjuk sebelumnya. Selain tim SPMI adapun yang terlibat yaitu tim pengembangan dan tim audit. Ni Made Swasti selaku ketua panitia mengatakan bahwa terdapat persiapan tertentu dalam pelaksanaan program SPMI  “Ya, kita selalu rapat koordinasi untuk menyusun merumuskan SOP dan hal lainnya.” Jelasnya saat diwawancarai oleh tim jurnalistik.

Melalui kegiatan ini, sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah model diberikan penguatan dan pembinaan untuk mampu menerapkan seluruh siklus penjaminan mutu pendidikan internal secara sistematik, holistik, dan berkelanjutan sehingga budaya mutu dapat tumbuh dan berkembang secara mandiri pada sekolah. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar guna memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan yang dijalankan secara internal untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.

Tinggalkan Balasan